SEJARAH AKUNTANSI
1. Untuk mengembangkan akuntansi,
pada tahun 1957 berdiri organisasi Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Jasa besar
IAI adalah penyusun Standar Akuntansi Keuangan (SAK) 1996 sebagai dasar
penyusun laporan keuangan perusahaan di indonesia.
2. Menurut American Accounting Association (AAA)
Akuntansi adalah proses mengidentifikasi/mengenali,
mengukur, dan melaporkan informasi ekonomi untuk kemungkinan adanya penilaian
dan pengambilan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang yang
menggunakan informasi tersebut.
3. Menurut american institute of
certified public accountants (AICPA)
Akuntansi adalah seni pencatatan, penggolongan,
peringkasan yang tepat dan dinyatakan dalam satuan mata uang,
transaksi-transaksi dan kejadian-kejadian yang setidak-tidaknya bersifat
finansial dan penafsiran hasil-hasilnya.
4. Kegunaan Akuntansi
1.
Bagi
Pihak Intern
Akuntansi berguna untuk
mencapai tujuan” berikut.
a.
Perencanaan
b.
Pengendalian
c.
Pertanggungjawaban
2.
Bagi
Pihak Ekstern
Akuntansi digunakan sebagai
alat bantu untuk mengambil keputusan ekonomi bagi pihak yang memerlukan.
5. Pemakaian
Informasi Akuntansi
1.
Pihak
Intern
Adalah manajer atau pimpinan
yaitu, orang yang bertanggung jawab terhadap kegiatan diperusahaan.
2.
Pihak
Ekstern
a.
Pemilik
perusahaan/Investor
b.
Calon
Investor
c.
Kreditur/Calon
Kreditur
d.
Pemerintah
e.
Karyawan
6. BIDANG SPESIALISASI AKUNTANSI
1.
Bidang
Akuntansi berdasarkan Tujuannya.
a.
Akuntansi
Keuangan (financial
accounting) adalah bidang akuntansi yang tujuan utamanya mengolah data
keuangan, untuk diinformasikan terutama kepada pihak-pihak diluar perusahaan.
b.
Akuntansi
Manajemen (management
accounting) adalah yang bertujuan menyediakan informasi untuk pihak manajemen
perusahaan untuk mendukung operasi sehari-hari dan untuk memebuat perencanaan
dan kebijakan untuk masa yang akan datang.
c.
Akuntansi
Pemeriksaan (auditing)
adalah bidang akuntansi yang berhubungan dengan pemeriksaan terhadap
catatan-catatan akuntansi pendukung laporan keuangan perusahaan.
d.
Akuntansi
Biaya (cost
accounting) adalah bidang akuntansi yang tujuan utamanya menyiapkan data yang
perlukan untuk memetapkan pajak
e.
Akuntansi
Perpajakan (tax
accouting) adalah yang tujuan utamanya menyiapkan laporan yang diperlukan untuk
penetapan pajak.
f.
Akuntansi
Penganggaran (budgeting)
adalah tujuan utamanya menyusun rencana keuangan untuk periode tertentu dimas
datang
g.
Akuntansi
Pemerintah (government
accounting) adalah akuntansi yang mengkhususkan diri dalam pencatatan dan
melaporkan data keuangan yang terjadi pada badan-badan pemerintah
h.
Sistem
Akuntansi (accounting
System) adalah akuntansi yang mengkhususkan diri pada penetapan prosedur dan
pengendalian data keuangan.
2.
Berdasarkan
Profresinya
a.
Akuntan
Publik
(public accountant) adalah akuntan yang menjalankan
fungsi pemeriksaan secara bebas terhadap laporan keuangan perusahaan
b.
Akuntan
Itern
(private accountant) adalah akuntan yang bekerja didalam
perusahaan atau organisasi tertentu (sebagai karyawan)
c.
Akuntan
pemerintah
(goverment accountant) adalah akuntan yang bekerja pada
bdan-badan pemerintah
d.
Akuntan
Pendidik
Adalah akuntan yang bertugas dalam pendidik akuntansi
yaitu, mengajar, melakukan penelitian ilmiah dibidang akuntansi
PERSAMAAN DASAR
AKUNTANSI
1.
Persamaan
Dasar Akuntansi adalah
persamaan yang secara global dan terpadu menggambarkan semua hubungan yang ada
diperusahaan, yaitu hubungan antara keyakinan/aktiva dengan summber (kewajiban
dan ekuitas)
2.
PDA
di gunakan untuk menjelaskan
secara logis bahwa setia terjadi transaksi akan selalu berpengaruh trhadap
aktiva, kewajiban, ekuitas
3.
Akun
Rill
(akun
neraca) adalah akun yang mencatat perubahan unsur neraca.Ini dibagi 3 kelompok
:
a.
Aktiva adalah semua hak yg dapat
digunakan dalam operasi perusahaan. Aktiva dapat diklafikasikan dlm beberapa
kelompok :
1)
Aktiva
Lancar (current Assets)
a)
Kas
b)
Deposito
Bank
c)
Surat
Berharga
d)
Piutang
Usaha
e)
Piutang
Wesel
f)
Persediaan
Barang Dagangan
g)
Perlengkapan
Kantor
h)
Perlengkapan
Toko
i)
Beban
Di Bayar Di Muka
j)
Pendapan
yang Masih Di Terima
2)
Aktiva
Tetap (fixed
assetssinon curren assets) adalah
kekayaan perusahaan yang pemakaiannya dalam waktu lama (lebih dari satu periode
akuntansi).yang termasuk aktiva tetap : tanah, gedung, mesin, kendaraan,
peralatan toko, peralatan kantor.
3)
Investasi
Jangka Panjang adalah
penyertaan/penanaman moodal pada perusaan lain dalam jangka panjang,yang
tujuannya mengontrol atau mengendalikan perusahaan tersebut.
4)
Aktiva
Tetap Tidak Berwujud (intangible
fixed assets) adalah hak istimewa yang dimiliki oleh perusahaan dan mempunyai
nilai namun tidak mempunyai bentuk fisik. Yang termasuk aktiva tidak terwujud :
a) Goodwiil d) Merek Dagang
b) Hak Paten e) Hak Sewa (leasing)
c) Hak Cipta f) franchise
b. Kewajiban
1)
Kewajiban
lancar (current
liabilities) adalah kewajiban yang harus dilunasi dalam waktu tidak lebih dari
satu tahun, antara lain sbb :
a)
Utang
Usaha
b)
Utang
Wesel
c)
Utang
Beban
d)
Pendapatan
Diterima Di Muka
2)
Kewajiban
Jangka Panjang (long
term debt) adalah kewajiban yang harus dilunasi dalam waktu lebih dari satu
tahun, yg termasuk kewajiban jangka panjang :
a) Utang Hipotek
b) Utang Obligasi
c) Kredit Investasi
3) Kewajiban Lain-lain
misal
: uang jaminan yang diterima dari pelanggan
c.
Ekuitas adalah hak pemilik atas aktiva
perusahaan yang merupakan kekayaan bersih (jumlah aktiva dikurangi kewajiban).
4.
Akun
Nominal/akun laba rugi adalah
akun hyang mencatat perubahan unsur laba/rugi, yang kemudian mempengaruhi
perubahan ekuitas. Diklafikasikan dua kelompok :
a)
Pendapatan adalah penambahan jumlah aktiva
sebagai hasil operasi perusahaan secara bruto. Dibedakan menjadi 2 :
1.
Pendapatan
operasional
2.
Pendapatan
non operasional
b)
Beban/Biaya adalah pengorbana yang terjadi
dalam rangka memperoleh pendapatan. Dibedakan menjadi dua :
1.
Beban
Operasional
2.
Beban
Non Operasional
5.
Persamaan
dasar akuntansi keadaan perusahaan tersebut dapat dalam bentuk :
Aktiva
= Kewajiban + Ekuitas disingkat A = K = E
BUKTI TRANSAKSI
1.
Bukti
transaksi adalah bukti tertulis tentang tejadinya transaksi keuangan. Yang
digunakan sebagai data awal atau sumber pencatatan dalam akuntansi.
2.
Macam-macam bukti transaksi
1.
Kuitansi
Adalah tanda bukti terjadinya pembayaran yang
ditandatangani oleh pihak menerima uang.
2.
Nota
Kontan
Adalah tanda bukti pembelian barang secara tunai
3.
Faktur
Adalah penghitungan adalah perhitungan jula beli secara
kredit yang dibuat oleh penjual.
4.
Nota
Kredit
Adalah surat bukti terjadinya pengurangan piutang usaha
karna adnya pengembalian barang didagangan
5.
Nota
Debit
Adalah surat bukti terjadinya pengurangan utang usaha
karena adanya pengembalian barang daganngan
6.
Cek
Adalah surat perintah dari pemegang rekening giro
(penyimpanan data) kepada banknya supaya mengeluarkan sejumlah uang
7.
Bilyet
giro
Adalah alat pembayaran kepada pihak lain dengan cara memindahkan saldo rekening bank pihak
yang membayar kepada rekening pihak
8.
Memo
Adalah
bukti transaksi yang dibuat oleh
pimpinan [erusahaan untuk bagian-bagian lain diperusahaan tersebut yang berisi
perintah pencatatan pencatatan suatu kegiatan.
Buku Besar
1. Buku Besar yaitu kumpulan akun
yang digunakan untuk mencatat dan mengelompokkan transaksi-transaksi yang
sejenis.
2. Bentuk akun ada dua, yaitu :
a.
Akun
bentuk skontro
b.
Akun
bentuk laporan/stafel
3.
Akun
Bentuk Skontro
Pencatatan pda sisi debit dan kredit
ditempatkan secara berdampingan pada satu halaman. Ada dua macam bentuk
skontro, yaitu :
4. Akun Bentuk Stafel (Step Form) Pencatatan transaksi disusun
kebawah.:
5. Mendebit berarti melakukan
pencatatan transaksi disebelah kiri (debit) akun yang bersangkutan. Sedangkan
Mengkredit berarti melakukan pencatatan transaksi disebelah kanan (kredit) akun
yang bersangkutan.
6.
Pemberian
kode akun dapat dilakukan dengan beberapa cara/system, antara lain :
1.
Sistem
Numerik (Numerial System)
Cara pemberian kode akun dengan
menggunakan nomor (angka).
2. Sistem Desimal (Desimal
System)
Pemberian kode akun dengan
menggunakan sepuluh unti angka dari 0 sampai 9.
3. Sistem Mnemonik
Pemberian kode akun dengan menggunakan
symbol kelompok dengan singkatan huruf
awal akun yang bersangkutan.
4. Sistem Kombinasi Huruf dan Angka
Pemberian kode akun dengan menggunakan kombinasi huruf dan
angka.
Perusahaan
Jasa
1.Perusahaan Jasa adalah
perusahaan yang kegiatannya menyediakan berbagai pelayanan sepertikemudahan
kepada anggota masyarakat yang memerlukannya.
2.Ciri-ciri perusahaan jasa antara lain
:
1.
Kegiatan
usahanya selalu membantu orang lain/badan lain dengan menerima balas jasa.
2. Pembelian barang oleh perusahaan jasa(bahan habis pakai)
tidak untuk diolah atau dijual kembali tetapi untuk memberikan pelayanan kepada
pemakai jasa.
3. Pendapatannya
diperoleh dari penjualan jasa.
4. Laba
usaha diperoleh dari pendapatan jasa dikurangi dengan biaya-biaya usaha.
3
Pengertian
Laporan Keuangan adalah laporan yang dirancang untuk para pembuat
keputusan, baik
didalam maupun diluar perusahaan, mengenai posisi keuangan dan hasil usaha perusahaan.
4. Jenis
Laporan Keuangan
1. Neraca (Balance Sheet) adalah
laporan keuangan yang disusun secara sistematis yang menggambarkan posisi
keuangan pada suatu saat tertentu yang terdiri dari aktiva, kewajiban, dan
ekuitas.
2. Laporan Laba-Rugi
Laporan Laba-Rugi (Profit and Loss Statement) adalah
laporan keuangan yang
memberiakan informasi keberhaasilan yang dicapai atau
kegagalan yang menimpa suatu perusahaan.
3.
Laporan Perubahan Ekuitas
Laporan Perubahan Ekuitas (capital statement) adalah
suatu laporan atau informasi yang menggambarkan perubahan yang terjadi atas
ekuitas pada suatu periode.
4
jurnal
penyesuaian (adjusting entries) adalah buku/ daftar yang digunakan unutk
mencatat akun buku besar yang perlu disesuaikan agar menunjukkan keadaan yang
sebenarnya.
5
Akun
yang biasanya memerlukan penyesuaian antara lain sebagai berikut :
a.
Beban
yang masih harus dibayar/utang biaya/accrued expenses
b.
Perlengkapan/bahan
habis pakai (supplies)
c.
Pendapatan
yang masih harus diterima/piutang pendapatan/accrued income
d.
Penyusutan
aktiva tetap/depreciation
e.
Beban
dibayar dimuka/prepaid expense
f.
Pendapatan
diterima dimuka/deferred revenue
g.
Piutang
tak tertagih
h.
Pembetulan
kesalahan
7.
Kertas kerja berfungsi sebagai alat untuk membantu
membuat laporan keuangan.
8. Menutup buku besar adalah
memindahkan sisi akun nominal/sementara kea kun ekuitas (laba ditahan untuk
perseroan terbatas) sehingga akun nominal menjadi tertutup (bersisa nol) dan
akun ekuitas menunjukkan sisa sebenarnya.
9. Setelah akun buku besar
ditutup, disusunlah neraca sisa setelah penutupan.
Tujuan penyusunan neraca sisa setelah penutupan adalah
untuk memastikan bahwa sebelum pencatatan data akuntansi periode berikutnya
dimulai, akun buku besar harus dalam keadaan seimbang (balance).
10. Jurnal pembalik atau
penyesuaian kembali adalah jurnal yang dibuat pada awal periode akuntansi,
sebagai akibat adanya penyesuaian pada akhir periode sebelumnya.
Komentar
Posting Komentar