Kembali lagi bersama saya, mungkin kalian di kasih tugas TIK dari guru kalian, kali ini saya akan membantu kalian agar lebih mudah mencari tugas kalian
1. Title Bar : berisi judul dokumen dan tombol, minimize,maximize,Exit
2. Menu Bar : berisi menu-menu shorcut perintah dalam word
3. Toolbar : berisi tombol-tombol shorcut perintah dalam word
4. Tombol close dokumen
5. Task Pane : Panel task (kumpulan task dalam word)
6. Vertical scroolbar : menggeser tampilan dokumen secara vertikal
7. Horizontal scroolbar : menggeser tampilan dokumen secara horizontal
8. Halaman tempat membuat teks atau dokumen
9. Horisontal Ruler : melihat atau mengatur batas teks
10. Ruler indent : mengatur tabulasi
11. Kursor : penanda posisi aktif pengetikan secara default teks yang diketik akan ditempatkan di kursor
12. Vertikal ruler :melihat atau mengatur batas teks
13. Toolbar drawing : kumpulan tombol shorcut untuk membuat gambar atau bentuk sederhana
14. Status bar : untuk menampilkan halaman yang aktif, jumlah halaman, baris dan kolom yang aktif
Menu-menu dalam microsoft word 2003
1. Menu File
Menu file berfungsi untuk mengatur file dokumen seperti menyimpan, membuka, mengatur kertas dokumen, dsb.
a. New : Membuat file yang baru
b. Open : Membuka File yang pernah kita buat
c. Close : Menutup file yang sedang kita buka
d. Save : Menyimpan dokumen yang sebelumnya telah kita simpan dan telah diberi nama
e. Save As : Menyimpan file yang baru dalam hal ini kita perlu mencantumkan nama file yang akan kita tempatkan file tersebut
f. Save as Web Page : Menyimpan dokumen sebagai halaman web
g. Web page Preview : Preview halaman web
h. Page Setup : Mengatur halaman, ukuran kertas, ukuran margin, dll
i. Print Preview : Menampilkan hasill kerja yang telah kita buat pada kertas
j. Print : Mencetak dokumen yang telah kita buat pada kertas
k. Sent To : Mengirimkan dokumen
l. Properties : Melihat detail
m. Exit : Keluar dari Program Word
2. Menu Edit
Menu Edit berfungsi untuk melakukan pengeditan dokumen
a. Undo Typing : Membatalkan perintah yang sudah terlanjur dilaksanakan
b. Repeat Typing : Membatalkan perintah yang telah terlanjur dibatalkan
c. Cut : Menghapus suatu objek dari lembar kerja
d. Copy : Mengcopy suatu objek yang tersimpan pada clipboard ke dalam lembar kerja kita
e. Clear : Membersihkan
f. Paste : Mengambil object yang sudah disimpan pada clipboard dengan cara meletakkan kursor pada posisi y yang tepat
g. Paste Special : Mengambil object yang sudah disimpan pada clipboard yang kemudian diletakkan dilembar kerja
h. Select All : Memilih keseluruhan yang ada pada lembar kerja kita
i. Find : Mencari suatu kata tertentu yang ada pada naskah
j. Replace : Mengganti kata yang ada pada naskah dengan kata yang baru secara keseluruhan
k. Go To : Menuju kehalaman, baris, persamaan tertentu dengan c cepat
3. Menu View
Menu View berfungsi untuk mengatur bagaimana tampilan dokumen
a. Normal : Menampilkan format teks tetapi disederhanakan halamannya sehingga mempermudah kita dalam melakukan pengetikan, dan pengeditan dokumen
b. Print Layout : Menampilkan bagaimana teks yang sesungguhnya
c. Reading Layout : Membaca dokumen halaman per halaman
d. Task Pane : Menampilkan beragam perintah cepat Word
e. Ruller : Menampilkan ukuran garis pada lembar kerja kita
f. Markup : Melakukan pengaturan komentar dalam projek :
g. Headaer and Footer : Membuat judul berulang diatas (header) dan dibawah (footer)
h. Full Sscreen : Menampilkan lembar dokumen secara layar penuh
i. Zoom : Memperbesar dan memperkecil tampilan dokumen
4. Menu Insert
Menu Insert berfungsi untuk menambahkan sesuatu ke dalam dokumen.
a. Break : Berganti Halaman
b. Page Number : Penomoran halaman
c. Date and Time : Menyisip waktu dan hari serta formatnya
d. Symbol : Menyisip suatu simbol
e. Footnote : Membuat catatan kaki
f. Picture : Menyisip gambar
g. Diagram : Menyisip diagram kedalam dokumen
h. Text Box : Menyisip teks di dalam kotak
i. File : Menyisipkan suatu file pada lembar kerja kita
j. Object : Menyisip suatu objek atau program lain yang akan digunakan dalam bekerja
5. Menu Format
Menu Format berfungsi untuk mengatur format sebuah dokumen. Seperti mengatur format huruf, paragraf dll
a. Font : Mengatur huruf- huruf dalam pembuatan dokumen
b. Paragraph : Mengatur jarak baris ( Line Spacing )
c. Bullet and Numbering : Fasilitas untuk memberi simbol tertentu atau penomoran dalam baris
d. Border and shading : Memberi border ( Bingkai ), dan shading pada teks yang kita buat
e. Columns : Membagi lembar kerja menjadi beberapa kolom
f. Tabs : Untuk mengatur ukuran tab
g. Drop Caps : Memperbesar huruf pertama tiap paragraf
h. Teks Direction : Memberikan efek arah teks pada alinea yang dipilih
i. Change Case : Merubah bentuk tulisan, dari huruf kecil menjadi huruf besar dan sebaliknya
j. Back Ground : Mengatur warna latar belakang lembar kerja
k. Theme : Menerapkan tema yang diinginkan
l. Styles and Formatting : Memformat jenis huruf
6. Menu Tools
Menu Tools mempunyai fungsi untuk mengatur program kerja
a. Speling and Grammar :Mengoreksi naskah dalam bahasa inggris
b. Research :Mencari dokumen tertentu
c. Letter and Mailing :Membuat surat dan email
d. Macro :Membuat macro, merekam, dan memproteksi makro
e. Customize :Pengaturan, penambahan, dan pengurangan jenis ikon y yang aktif yang akan digunakan dalam menu
f. Options :Melakukan pemilihan dan pengaturan metode maupun pengaturan umum
7. Menu Table
Menu Table berfungsi untuk membuat tabel dan mengatur tabel tersebut
a. Draw Table : Untuk mengeluarkan toolbars table and border
b. Insert : Perintah untuk menyisip tabel, baris, dll
c. Delete : Menghapus tabel, baris dll
d. Select : Memilih suatu tabel, baris, kolom dll
e. Merge Cells : Menggabung beberapa cell tabel dalam satu cell
f. Split Cells : Memisahkan kembali Cell yang telah digabung
g. Split Table : Membagi suatu sel pada tabel
h. Tabel Auto Format : Membuat suatu tabel sekaligus memformatnya
i. Auto Fit : Membuat tabel dan kolom tabel sesuai dengan acuan yang ada
j. Heading rows repeat : Menggunakan judul atau Header tabel berulang
k. Convert : Merubah teks untuk tabel dan sebaliknya
l. Sort : Mensorting data yang ada pada tabel
m. Formula : Memasukkan suatu fungsi atau rumus pada tabel
n. Hide Gridlines : Menampilkan garis pada suatu tabel
8. Menu Windows
Menu Windows berfungsi untuk mengatur lembar kerja
a. New Window : Membuat lembar kerja window baru
b. Arrange : Menyusun dokumen-dokumen yang aktif
c. Split : Membagi lembar kerja dalam beberapa bagian
9. Menu Help
Menu help berfungsi untuk memberi bantuan kepada kita yang belum tahu
Microsoft Word
a. Microsoft Word Help : Menampilkan menu help Word -
b. Show the Office Assistant : Menyembunyikan atau menampilkan Office Assistant
c. Office on the Web : Menampilkan berbagai informasi terakhir mengenai program aplikasi Ms. Office melalui internet
d. Activate Product : Mendeteksi aktivasi Word
e. Detect and Repair : Mendeteksi dan memperbaiki program word
f. About Microsoft Word : Menampilkan kotak dialog tentang Microsoft Word yang digunakan
Menu file berfungsi untuk mengatur file dokumen seperti menyimpan, membuka, mengatur kertas dokumen, dsb.
a. New : Membuat file yang baru
b. Open : Membuka File yang pernah kita buat
c. Close : Menutup file yang sedang kita buka
d. Save : Menyimpan dokumen yang sebelumnya telah kita simpan dan telah diberi nama
e. Save As : Menyimpan file yang baru dalam hal ini kita perlu mencantumkan nama file yang akan kita tempatkan file tersebut
f. Save as Web Page : Menyimpan dokumen sebagai halaman web
g. Web page Preview : Preview halaman web
h. Page Setup : Mengatur halaman, ukuran kertas, ukuran margin, dll
i. Print Preview : Menampilkan hasill kerja yang telah kita buat pada kertas
j. Print : Mencetak dokumen yang telah kita buat pada kertas
k. Sent To : Mengirimkan dokumen
l. Properties : Melihat detail
m. Exit : Keluar dari Program Word
2. Menu Edit
Menu Edit berfungsi untuk melakukan pengeditan dokumen
a. Undo Typing : Membatalkan perintah yang sudah terlanjur dilaksanakan
b. Repeat Typing : Membatalkan perintah yang telah terlanjur dibatalkan
c. Cut : Menghapus suatu objek dari lembar kerja
d. Copy : Mengcopy suatu objek yang tersimpan pada clipboard ke dalam lembar kerja kita
e. Clear : Membersihkan
f. Paste : Mengambil object yang sudah disimpan pada clipboard dengan cara meletakkan kursor pada posisi y yang tepat
g. Paste Special : Mengambil object yang sudah disimpan pada clipboard yang kemudian diletakkan dilembar kerja
h. Select All : Memilih keseluruhan yang ada pada lembar kerja kita
i. Find : Mencari suatu kata tertentu yang ada pada naskah
j. Replace : Mengganti kata yang ada pada naskah dengan kata yang baru secara keseluruhan
k. Go To : Menuju kehalaman, baris, persamaan tertentu dengan c cepat
3. Menu View
Menu View berfungsi untuk mengatur bagaimana tampilan dokumen
a. Normal : Menampilkan format teks tetapi disederhanakan halamannya sehingga mempermudah kita dalam melakukan pengetikan, dan pengeditan dokumen
b. Print Layout : Menampilkan bagaimana teks yang sesungguhnya
c. Reading Layout : Membaca dokumen halaman per halaman
d. Task Pane : Menampilkan beragam perintah cepat Word
e. Ruller : Menampilkan ukuran garis pada lembar kerja kita
f. Markup : Melakukan pengaturan komentar dalam projek :
g. Headaer and Footer : Membuat judul berulang diatas (header) dan dibawah (footer)
h. Full Sscreen : Menampilkan lembar dokumen secara layar penuh
i. Zoom : Memperbesar dan memperkecil tampilan dokumen
4. Menu Insert
Menu Insert berfungsi untuk menambahkan sesuatu ke dalam dokumen.
a. Break : Berganti Halaman
b. Page Number : Penomoran halaman
c. Date and Time : Menyisip waktu dan hari serta formatnya
d. Symbol : Menyisip suatu simbol
e. Footnote : Membuat catatan kaki
f. Picture : Menyisip gambar
g. Diagram : Menyisip diagram kedalam dokumen
h. Text Box : Menyisip teks di dalam kotak
i. File : Menyisipkan suatu file pada lembar kerja kita
j. Object : Menyisip suatu objek atau program lain yang akan digunakan dalam bekerja
5. Menu Format
Menu Format berfungsi untuk mengatur format sebuah dokumen. Seperti mengatur format huruf, paragraf dll
a. Font : Mengatur huruf- huruf dalam pembuatan dokumen
b. Paragraph : Mengatur jarak baris ( Line Spacing )
c. Bullet and Numbering : Fasilitas untuk memberi simbol tertentu atau penomoran dalam baris
d. Border and shading : Memberi border ( Bingkai ), dan shading pada teks yang kita buat
e. Columns : Membagi lembar kerja menjadi beberapa kolom
f. Tabs : Untuk mengatur ukuran tab
g. Drop Caps : Memperbesar huruf pertama tiap paragraf
h. Teks Direction : Memberikan efek arah teks pada alinea yang dipilih
i. Change Case : Merubah bentuk tulisan, dari huruf kecil menjadi huruf besar dan sebaliknya
j. Back Ground : Mengatur warna latar belakang lembar kerja
k. Theme : Menerapkan tema yang diinginkan
l. Styles and Formatting : Memformat jenis huruf
6. Menu Tools
Menu Tools mempunyai fungsi untuk mengatur program kerja
a. Speling and Grammar :Mengoreksi naskah dalam bahasa inggris
b. Research :Mencari dokumen tertentu
c. Letter and Mailing :Membuat surat dan email
d. Macro :Membuat macro, merekam, dan memproteksi makro
e. Customize :Pengaturan, penambahan, dan pengurangan jenis ikon y yang aktif yang akan digunakan dalam menu
f. Options :Melakukan pemilihan dan pengaturan metode maupun pengaturan umum
7. Menu Table
Menu Table berfungsi untuk membuat tabel dan mengatur tabel tersebut
a. Draw Table : Untuk mengeluarkan toolbars table and border
b. Insert : Perintah untuk menyisip tabel, baris, dll
c. Delete : Menghapus tabel, baris dll
d. Select : Memilih suatu tabel, baris, kolom dll
e. Merge Cells : Menggabung beberapa cell tabel dalam satu cell
f. Split Cells : Memisahkan kembali Cell yang telah digabung
g. Split Table : Membagi suatu sel pada tabel
h. Tabel Auto Format : Membuat suatu tabel sekaligus memformatnya
i. Auto Fit : Membuat tabel dan kolom tabel sesuai dengan acuan yang ada
j. Heading rows repeat : Menggunakan judul atau Header tabel berulang
k. Convert : Merubah teks untuk tabel dan sebaliknya
l. Sort : Mensorting data yang ada pada tabel
m. Formula : Memasukkan suatu fungsi atau rumus pada tabel
n. Hide Gridlines : Menampilkan garis pada suatu tabel
8. Menu Windows
Menu Windows berfungsi untuk mengatur lembar kerja
a. New Window : Membuat lembar kerja window baru
b. Arrange : Menyusun dokumen-dokumen yang aktif
c. Split : Membagi lembar kerja dalam beberapa bagian
9. Menu Help
Menu help berfungsi untuk memberi bantuan kepada kita yang belum tahu
Microsoft Word
a. Microsoft Word Help : Menampilkan menu help Word -
b. Show the Office Assistant : Menyembunyikan atau menampilkan Office Assistant
c. Office on the Web : Menampilkan berbagai informasi terakhir mengenai program aplikasi Ms. Office melalui internet
d. Activate Product : Mendeteksi aktivasi Word
e. Detect and Repair : Mendeteksi dan memperbaiki program word
f. About Microsoft Word : Menampilkan kotak dialog tentang Microsoft Word yang digunakan
MACAM-MACAM TOOLBAR
Toolbar
Standart
a. New Blank Document : Membuat file yang baru
b. Open : Membuka file yang telah disimpan
c. Save : Menyimpan dokumen
d. Permission : Menentukan izin akses dokumen
e. E-Mail : Membuat dokumen menjadi surat email
f. Print : Mencetak dokument yang sudah diketik
g. Print Preview : Melihat tampilan dokumen sebelum di cetak
h. Spelling and Grammar : Mengoreksi naskah dalam bahasa inggris
i. Research : Melakukan pencarian dokumen dalam suatu file
j. Cut : Menghapus suatu objek dari lembar kerja kita
k. Copy : Mencopy suatu objek yang tersimpan pada clipboard
l. Paste : Mengambil objek yang sudah ada dalam clipboard
m. Undo Typing : Membatalkan perintah yang sudah dilakukan
n. Can’t Redo : Membatalkan Perintah yang sudah dibatalkan
o. Format Painter : Memformat naskah dengan fasilitas Painter
p. Tables and Borders : Menampilkan menu Tabel dan Border
q. Insert Table : Menyisip tabel
r. Insert Ms Excel : Menampilkan lembar kerja Microsoft Excel
s. Columns : Membagi lembar kerja menjadi beberapa kolom
t. Drawing : Menampilkan menu Drawing
u. Show/hide : Menampilkan atau menyembunyikan karakter yang tersembunyi
v. Zoom : Memperbesar/memperkecil Lembar Kerja
w. Help : Menampilkan Bantuan
x. Read : Membaca dokument halaman per halaman
a. New Blank Document : Membuat file yang baru
b. Open : Membuka file yang telah disimpan
c. Save : Menyimpan dokumen
d. Permission : Menentukan izin akses dokumen
e. E-Mail : Membuat dokumen menjadi surat email
f. Print : Mencetak dokument yang sudah diketik
g. Print Preview : Melihat tampilan dokumen sebelum di cetak
h. Spelling and Grammar : Mengoreksi naskah dalam bahasa inggris
i. Research : Melakukan pencarian dokumen dalam suatu file
j. Cut : Menghapus suatu objek dari lembar kerja kita
k. Copy : Mencopy suatu objek yang tersimpan pada clipboard
l. Paste : Mengambil objek yang sudah ada dalam clipboard
m. Undo Typing : Membatalkan perintah yang sudah dilakukan
n. Can’t Redo : Membatalkan Perintah yang sudah dibatalkan
o. Format Painter : Memformat naskah dengan fasilitas Painter
p. Tables and Borders : Menampilkan menu Tabel dan Border
q. Insert Table : Menyisip tabel
r. Insert Ms Excel : Menampilkan lembar kerja Microsoft Excel
s. Columns : Membagi lembar kerja menjadi beberapa kolom
t. Drawing : Menampilkan menu Drawing
u. Show/hide : Menampilkan atau menyembunyikan karakter yang tersembunyi
v. Zoom : Memperbesar/memperkecil Lembar Kerja
w. Help : Menampilkan Bantuan
x. Read : Membaca dokument halaman per halaman
Toolbar Formatting
a. Styles and Formating : Memformat huruf
b. Style : Jenis jenis huruf
c. Font : Merubah Jenis-jenis Huruf
d. Font Size : Ukuran huruf
e. Bold : Menebalkan huruf teks
f. Italic : Membuat Teks menjadi miring
g. Underline : Menggaris bawahi Teks
h. Align Left : Perataan Kiri
i. Center : Perataan tengah
j. Align Right : Perataan kanan
k. Justify : Perataan kiri-kanan
l. Line Spacing : Mengatur spasi dalam pengetikan
m. Numbering : Memberi nomor secara berurutan setiap baris
n. Bullets : Memberi simbol tertentu yang hampir sama dengan nomor paragraf
o. Decrease Indent : Menggeser Indentasi ke kiri
p. Increaase Indent : Menggeser indentasi ke kanan
q. Outside Border : Membuat border pada teks
r. Highlight : Memberi warna arsiran pada teks
s. Font Colour : Mengatur Warna teks
Drawing Toolbar
Drawing Toolbar berfungsi untuk Menyisip/membuat objek gambar, Menggambar, mengatur warna huruf, membuat garis dan memformatnya dsb
a. AutoShapes : Menyisip gambar AutoShapes
b. Line : Menggambar garis
c. Arrow : Menggambar Anak Panah
d. Rectangle : Menggambar Kotak
e. Oval : Menggambar Lingkaran
f. Text Box : Menyisip kotak teks ( Mengetik Teks dalam kotak)
g. Insert Word Art : Menyisip Word Art ( Tulisan Indah )
h. Insert Diagram : Menyisip Digram
i. Clip Art : Membuat gambar
j. Insert Picture : Menyisip gambar
k. Fill Color : Merubah warna isi objek gambar
l. Line Color : Merubah warna garis/bingkai objek gambar
m. Font Color : Merubah warna huruf
n. Line Style : Merubah jenis dan ketebalan garis gambar
o. Dash Style : Merubah garis dalam bentuk titik-titik / garis putus-putus
p. Arrow Style : Merubah bentuk pangkal ujung garis
q. Shadow Style : Membuat bayangan objek gambar
r. 3-D Style : Membuat efek 3 Dimensi pada objek gambar
Komentar
Posting Komentar